CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah strategi bisnis yang berorientasi pada customer, dengan tujuan akhirnya memaksimalkan profit perusahaan dan kepuasan custmer.

Fungsi CRM adalah sebagai pendukung dalam kegiatan bisnis perusahaan seperti Sales, Marketing, Customer Service, Training, HRD dan lain-lain. Dengan demikian CRM adalah sebagai pengintegrasi antara bagian-bagian yang memiliki mata rantai dengan customer.

Manfaat dari CRM:

Dengan menggunakan CRM perusahaan dapat menganalisa customer, sehingga hasil dari analisis dapat membantu perusahaan dalam memperbaiki service dan produk.

Informasi customer dapat disimpan pada data historikal sehingga memudahkan proses selanjutnya. Dengan demikian customer bisa mendapatkan service yang maksimal tanpa ada permasalahan dengan masalah yang sama.

Pada sistem CRM juga dapat digunakan sebagai warning atau reminder, seperti mengingatkan customer pada event tertentu, misalnya tanggal jatuh tempo produksi/service tertentu. Hal ini sangat membantu dan memperlancar kegiatan bisnis di perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ERP-CRM-SFA © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers